Penulis : Redaksi

KENDARI, MITRANUSANTARA.id – Membantu pemerintah mengatasi persoalan stunting, Dinas Perpustakaan Kota Kendari melalui program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial (TPBIS), menggelar pelatihan bagi masyarakat. Pelatihan itu berupa pembuatan camilan sehat berbahan kelor untuk penanggulangan stunting, di Kampung Anak Sejahtera Kelurahan Punggaloba. Acara ini dihadiri Bunda Literasi Kota Kendari, Rabu (21/2/2024).

Pada kesempatan itu, Bunda Literasi Kota Kendari, Ira Willis Kesumadoty Yusup menyerahkan bantuan pangan pengentasan stunting kepada 20 orang Balita berpotensi stunting di Kelurahan Punggaloba. Dalam Kegiatan ini Bunda Literasi Kota Kendari didampingi Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Kendari, Camat Kendari Barat dan Lurah Punggaloba.

Bunda Literasi Kota Kendari, Ira Willis Kesumadoty Yusup menyebut, angka prevalensi stunting di Kota Kendari merupakan yang terendah di Sulawesi Tenggara (Sultra) yaitu 19,5 persen. Bunda Literasi menyebut penurunan angka stunting ini dapat dicapai jika  ketahanan pangan dan gizi pada tingkat individu, keluarga dan masyarakat terpenuhi.

Oleh Karena itu, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Kendari mengedukasi dan melaksanakan pelatihan pengolahan makanan sehat. Sinergitas dan kolaborasi lintas sektor ini memiliki tujuan untuk mendukung program Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dalam penanggulangan stunting.

Baca Juga  SMSI Sulawesi Tenggara Gelar Donor Darah

“Ini patut menjadi contoh untuk program penanggulangan stunting lainnya. kemitraan dengan berbagai organisasi perempuan yang fokus pada pemberdayaan perempuan, anak dan keluarga menjadi kekuatan besar dalam percepatan penanggulangan stunting di kota kendari,” jelasnya.

Terakhir, Bunda Literasi Kota Kendari mengapresiasi stakeholder yang menjadi mitra pemerintah yaitu Ikatan Wanita Keluarga Bone Sultra (IWK Bone Sultra) dan Badan Kordinasi Majelis Taklim Dewan Masjid Indonesia (BKMT DMI) Kota Kendari.

Visited 32 times, 1 visit(s) today