Penulis : Redaksi

KENDARI, MITRANUSANTARA. id – Pemerintah Kota Kendari bersama Bank Sultra menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) dan Perjanjian Kerja Sama (PKS) tentang Pengembangan Layanan dan Inovasi Teknologi Keuangan serta Penerimaan Daerah Kota Kendari. Acara yang dilaksanakan di Aula Kantor Pusat Bank Sultra ini juga dirangkaikan dengan buka puasa bersama, Senin (25/3/2024).

Pj Wali Kota Kendari Muhammad Yusup dalam sambutannya mengungkapkan, kesepakatan bersama serta perjanjian kerja sama ini bertujuan untuk meningkatkan pelayanan.

“Ini adalah salah satu bentuk optimalisasi pendapatan daerah dan retribusi daerah agar lebih mudah, cepat, tepat sasaran, efektif, efisien, akuntabel dan inovatif serta sistem pengelolaan keuangan melalui online sistem yang memberikan manfaat bagi kita semua serta seluruh masyarakat Kota Kendari,” ujarnya.

Selain itu, Pj Wali Kota Kendari juga mengatakan, penyelenggaraan penandatanganan kesepakatan bersama dan perjanjian kerja sama ini sangat mendukung peningkatan pendapatan daerah Kota Kendari.

Untuk itu, Pj Wali Kota Kendari meminta kepada kepala OPD pemungut pajak daerah dan retribusi daerah agar dapat meningkatkan intensitas perjanjian kerja sama sesuai dengan Peraturan Perundang-Undangan yang berlaku dan memberikan inovasi-inovasi baru, guna mendukung akselerasi peningkatan pembangunan Kota Kendari secara berkelanjutan yang bermuara pada kesejahteraan masyarakat Kota Kendari yang Aman, Nyaman, Bahagia.

Baca Juga  Pemkot Kendari Terus Berupaya Turunkan Stunting

“Dengan adanya kesepakatan bersama dan perjanjian kerja sama ini diharapkan dapat menjadi salah satu pendekatan inovatif untuk meningkatkan tata kelola penerimaan pajak daerah dan retribusi daerah, serta meningkatkan nilai efektifitas dan efisiensi dalam tata kelola keuangan berbasis online dengan sistem yang terintegrasi,” pungkasnya.

Sementara itu, Direktur Bank Sultra Abdul Latif mengungkapkan, Bank Sultra juga sudah menyediakan Kartu Kredit Pemerintah Daerah (KKPD), KKPD ini adalah pinjaman tanpa bunga dengan platform yang bervariasi.

“Alhamdulillah Kota Kendari menjadi Pilot Project KKPD di Sulawesi Tenggara, sampai sekarang sudah ada 3 OPD yang datang, jadi mudah-mudahan kerja sama ini dapat berjalan dengan baik, karena KKPD itu nanti 1 OPD akan diberikan kepada 2 orang yaitu Kepala Dinas dan Bendaharanya,” tambahnya.

Selanjutnya, Direktur Bank Sultra juga menyampaikan terima kasih pada pemerintah Kota Kendari masih memberikan kepercayaan pada Bank Sultra untuk melakukan transaksi layanan keuangan Pemerintah Kota Kendari

Dia mengaku perjanjian kerja sama antar Bank Sultra dan Pemerintah Kota Kendari sudah sering dilakukan dan terjalin dengan baik.

Visited 27 times, 1 visit(s) today