Penulis : Redaksi

KENDARI, MITRANUSANTARA.id – Pemerintah Kota Kendari melalui Dinas Ketahanan Pangan berupaya mengendalikan inflasi dan harga kebutuhan pokok jelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2024, dengan menggelar pasar pangan murah di lapangan parkir Balai Kota Kendari, Selasa (12/12/2023).

Memastikan kegiatan ini berjalan lancar, Pj Wali Kota Kendari bersama Ketua DPRD dan kepala OPD meninjau pelaksanaan pasar murah termasuk berdialog dengan para distributor terkait stok pangan.

Pj Wali Kota Kendari Asmawa Tosepu mengaku, berdasarkan data dari para distributor stok kebutuhan masyarakat di Kota Kendari tercukupi hingga 3 bulan ke depan.

“Ketersediaan stok itu ada misalnya minyak goreng, beras, gula, bawang putih, bawang merah, harganya relatif stabil,” ungkap Pj wali kota.

Selain stok yang tersedia, Pemkot Kendari juga memastikan jalur distribusinya lancar hingga ke pasar-pasar yang mudah dijangkau masyarakat.

Orang nomor satu di Kota Kendari ini meminta masyarakat tetap bijak dalam berbelanja dan tidak panik karena stok masih tersedia.

Terakhir, Kepala Biro Umum Kemendagri ini mengimbau masyarakat untuk tetap bijak dalam mengkonsumsi makanan, apalagi saat ini pemerintah Kota Kendari sedang menjalankan program hemat mengkonsumsi makanan sesuai kebutuhan.

Baca Juga  PT Vale Panen Perdana Padi SRI Organik di Sigi

“Jangan sampai kita membuat mubazir, misalnya kebutuhan kita makan sehari itu 1 liter beras, kita memasak 1 setengah liter setengahnya itu kita buang percuma sehingga mubazir,” katanya.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Kendari Abdul Rauf menjelaskan, bahan pangan yang dijual dalam pasar murah ini diantaranya beras dengan harga Rp 53 ribu/5 kg, minyak goreng Rp 14.500/liter, dan gula pasir Rp 16 ribu/kg, telur ayam Rp 50 ribu per rak. Selain itu, pihaknya juga akan memasarkan beberapa komoditi lain seperti sayur mayur, susu, dan komoditas pangan lainnya.

“Pemerintah Kota Kendari memastikan masyarakat bisa mendapatkan harga pangan yang murah sehingga bisa merayakan Natal dan Tahun Baru dengan penuh kebahagiaan,” ungkapnya.

Rencananya, pasar pangan murah ini akan berlangsung hingga Jumat (15/12/2023).

Visited 1 times, 1 visit(s) today