Penulis : Redaksi

KENDARI, MITRANUSANTARA.id – Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Kendari menyelenggarakan gerakan Pangan murah selama tiga hari dimulai pada 26-28 Maret 2024 di lokasi strategis di pusat kota, Balai Kota Kendari.

Dalam kegiatan ini DWP Kota Kendari menggandeng sejumlah pihak diantaranya, Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Perdagangan, Bank Indonesia serta para distributor.

Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari, Muhammad Yusup mengatakan, kegiatan ini guna memberikan akses kepada masyarakat khususnya menghadapi puasa Ramadan dan Idul Fitri yang seringkali membutuhkan lebih banyak persiapan dari segi kebutuhan.

“Tentu kehadiran pasar pangan murah ini harganya relatif lebih terjangkau daripada yang ada dipasaran, karena adanya subsidi dari pemerintah dan harga dari distributor. Masyarakat Kota Kendari hendaknya dapat memanfaatkan pasar pangan murah ini dengan baik dan berbelanja sesuai dengan kebutuhan,” jelas Pj Wali Kota Kendari.

Ditempat yang sama Ketua Panitia Gerakan Pangan Murah, Risma Ayu Manaba mengatakan, dengan menyediakan barang-barang kebutuhan pokok dengan harga yang lebih terjangkau, DWP Kota Kendari berharap dapat mengurangi beban belanja bagi masyarakat, sekaligus dapat mengendalikan inflasi secara lokal.

Baca Juga  Pj Wali Kota Kendari Perintahkan OPD Lelang Dini, Asmawa: Sesuai Instruksi Presiden
Pj Wali Kota Kendari mengunjungi stand Dinas Perdagangan Kota Kendari memastikan paket subsidi diberikan ke masyarakat. Foto: Zayyan/mitranusantara.id

“Dalam rangka pengendalian inflasi dan menjaga stabilisasi harga serta ketersediaan pangan dalam menghadapi hari besar keagamaan nasional, puasa dan Idul Fitri. Membantu masyarakat Kota Kendari memenuhi kebutuhan pokok melalui kegiatan pasar murah dan pangan murah,” katanya.

Sementara itu kepala Bidang Perdagangan Dinas Perdagangan Kota Kendari, Dasril Yamin menjelaskan, pada kegiatan Pasar Pangan Murah Dinas Perdagangan menyediakan 300 paket yang telah disubsidi.

“Paket yang kami sediakan senilai Rp 124 ribu terdiri dari 3 kg gula, 3 kg gula pasir dan 1 liter minyak goreng, kemudian kami subsidi Rp 44 ribu, sehingga setiap kupon yang diberikan warga hanya membayar Rp 80 ribu,” ungkapnya saat pelaksanaan pasar pangan murah.

Selain di pasar pangan murah yang digelar DWP ini, Dinas perdagangan akan menjangkau seluruh kecamatan di Kota Kendari.

Pasar pangan murah ini menjadi incaran sejumlah warga Kota Kendari, mereka rela mengantri diterik matahari untuk mendapatkan beras SPHP senilai Rp 53 ribu per 5 kg. Kemudian para pejabat Kota Kendari yang hadir dalam kegiatan itu juga ikut membeli aneka panganan atau kuliner yang dijajakan DWP OPD dan Kecamatan.

Visited 37 times, 1 visit(s) today