Penulis : Redaksi

KENDAL, MITRANUSANTARA.id – Polres Kendal senantiasa menerapkan empat komitmen utama dalam mengemban tugas yakni disiplin, loyalitas, soliditas, dan ikhlas. Untuk itu, menjelang akhir tahun, Kapolres Kendal menyampaikan pencapaian positif Polres dalam menangani tindak kejahatan.

Dalam konferensi pers yang digelar di Aula Polres Kendal pada Minggu 31 Desember 2023, Kapolres Kendal AKBP Feria Kurniawan, menyampaikan pencapaian positif Polres dalam menangani tindak kejahatan.

“Dalam data perbandingan kejahatan tahun 2022 dan 2023 menunjukkan penurunan tren sebesar 5,7 persen. Jumlah kejahatan yang tercatat pada tahun 2022 sebanyak 157, turun menjadi 148 pada tahun 2023. Kasus menonjol meliputi pembacokan saat kelulusan, pembunuhan, penganiayaan hingga kematian, dan pengungkapan kasus tawuran,” papar Feria.

Feria bilang, meski jumlah perkara yang diselesaikan turun 0,8 persen menjadi 126 perkara, Polres Kendal mencatat peningkatan persentase penyelesaian perkara dari 80,9 persen di tahun 2022 menjadi 85,1 persen di tahun 2023.

“Penurunan kejahatan adalah hasil dari kerja keras tim kepolisian kami dan kerjasama masyarakat,” ungkap Kapolres Kendal sebagimana dilansir dari kasuaritv.com.

Baca Juga  Disperindag Kolaborasi dengan Sejumlah Pihak Dukung Kemajuan IKM di Sulawesi Tenggara

Lebih lanjut ia mengungkapkan, terutama di bidang narkoba, Polres Kendal berhasil mencapai 100 persen penyelesaian kasus dengan menangani 42 kasus, termasuk 18 kasus narkotika, 7 kasus psikotropika, dan 17 kasus undang-undang kesehatan.

Kendati demikian kata Feria, data kecelakaan lalu lintas menggambarkan kenaikan yang signifikan. Tercatat 568 kejadian pada tahun 2023, meningkat dari 495 kejadian di tahun 2022. Korban meninggal dunia mencapai 127, sedangkan korban luka ringan mencapai 548.

Feria juga mengungkapkan, selain dampak manusia, Polres Kendal juga mencatat kerugian material akibat kecelakaan lalu lintas. Tahun 2023 mencatat kenaikan sebesar 71,9 persen yakni Rp. 356.950.000 di tahun 2022 menjadi Rp. 613.760.000 di tahun 2023.

”Kami akan memperkuat patroli di titik-titik rawan, meningkatkan kesadaran masyarakat melalui kampanye keamanan berlalu lintas, dan bekerja sama dengan pihak terkait untuk meningkatkan infrastruktur jalan. Selain itu, kami juga akan meningkatkan penegakan hukum terhadap pelanggaran lalu lintas,” tambahnya.

Kata Feria, pencapaian ini menekankan komitmen Polres Kendal dalam menjaga keamanan dan menanggapi dinamika kejahatan serta lalu lintas di Kabupaten Kendal.

Baca Juga  Pemkot Kendari Gunakan Alat Berat Keruk Tumpukan Sedimen Setebal 1 Meter Penyebab Banjir

Ia berpesan kepada masyarakat untuk terus mendukung kepolisian dalam menjaga keamanan.

“Laporkan setiap kejadian atau perilaku mencurigakan agar kami dapat bertindak lebih cepat. Jangan lupa, keamanan adalah tanggung jawab bersama,” pungkasnya.

Visited 61 times, 1 visit(s) today