Penulis : Redaksi

KENDARI, MITRANUSANTARA.id – Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari, Muhammad Yusup menyampaikan Laporan Keterangan Pertangungjawaban (LKPJ) tahun 2023 kepada DPRD Kota Kendari di gedung rapat paripurna, Selasa (19/3/2024).

Pj Wali Kota Kendari, Muhammad Yusup menjelaskan realisasi APBD tahun 2023 meliputi pendapatan daerah sebesar Rp1,4 triliun dan belanja daerah hingga akhir tahun 2023 terealisasi sebesar Rp1,5 triliun.

Pada pembiayaan daerah di tahun 2023 meliputi pembiayaan penerimaan pembiayaan daerah terealisasi sebesar Rp208 miliar dan pengeluaran pembiayaan terealisasi sebesar Rp14 miliar.

“Pada tahun 2023 kita telah mampu menjaga situasi dan kondisi makro ekonomi sehingga relatif mengalami peningkatan. Namun terdapat pula beberapa sektor yang mengalami penurunan, hal ini menggambarkan betapa dinamisnya aktivitas ekonomi daerah sebagai dampak dari proses penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan pelayanan masyarakat,” ungkapnya.

Kemudian, angka inflasi masih dapat dikendalikan. Pada Januari 2024 angka inflasi di Kota Kendari 1,92 persen berdasarkan year on year dan -0,45 persen month to month, keduanya angka tersebut berada di bawah angka nasional.

Baca Juga  ASR Salurkan Hak Pilihnya di TPS 10 Poasia

“Saya kira ini adalah kerja keras kita semua melaksanakan apa yang menjadi arahan presiden melalui menteri dalam negeri untuk melakukan langkah-langkah teknis dalam rangka pengendalian inflasi dan juga dukungan teman-teman di DPRD terima kasih dalam penyelenggaran pemerintahan ini,” pungkasnya.

Selain itu Indeks Pembangunan Manusia  (IPM) guna mengukur tingkat kesejahteraan masyarakat pada tahun 2023 sebesar 84,85 persen. Angka ini mengalami peningkatan 0.34 persen dari tahun sebelumnya. Kenaikan ini ditandai dengan perbaikan pendidikan dan kesehatan masyarakat Kota Kendari.

Visited 82 times, 1 visit(s) today