Penulis : Redaksi

LEUWILIANG, MITRANUSANTARA.id – Universitas Muhammadiyah Bogor Raya (UMBARA) menggelar acara ground breaking pembangunan gedung kampus UMBARA di Jl. Lingkar Leuwiliang, Sabtu (20/1/2024). Acara itu dihadiri Penjabat (Pj) Bupati Bogor.

Pj. Bupati Bogor, Asmawa Tosepu mengungkapkan, tantangan pendidikan saat ini adalah bagaimana menyiapkan SDM yang berdaya saing, siap menghadapi kondisi yang terus bergejolak, dan mampu mengikuti pesatnya perkembangan teknologi 4.0 menuju Society 5.0 yang disertai disrupsi.

Dia berharap, Universitas Muhammadiyah Bogor Raya (UMBARA) mampu melahirkan lulusan yang unggul, berjiwa entrepreneur, dan religious. Sebagai sosok cendekiawan muslim yang berakhlak mulia, berdaya saing, sebagai calon pemimpin bangsa di masa depan.

“Saya berharap Universitas Muhammadiyah Bogor Raya (UMBARA) semakin maju dan berkembang sehingga mampu meraih visinya mewujudkan lulusan UMBARA yang unggul, berjiwa entrepreneur, dan religious, sejalan dengan pemikiran dan cita-cita pendiri Muhammadiyah,” kata Asmawa dalam sambutannya pada acara ground breaking pembangunan gedung kampus UMBARA.

Asmawa menjelaskan, persyarikatan Muhammadiyah telah lama dikenal masyarakat, tidak hanya fokus dalam kegiatan keagamaan dan menciptakan kesalehan sosial di masyarakat, namun juga terus berupaya mengambil peran penting dalam dunia pendidikan yang inklusif baik di daerah, di tingkat nasional bahkan hingga ke mancanegara.

Baca Juga  Pantau Progres Pelaksanaan Pemilu, Pemkab Bogor Konsolidasi dengan Penyelenggara

Diharapkan dari institusi Muhammadiyah yang dikenal selalu mengedepankan intelektualitas dengan ideologi keislaman dan keindonesiaan, akan lahir para cendekiawan muslim yang berakhlak mulia dan berdaya saing sebagai calon pemimpin bangsa di masa depan.

Pada kesempatan tersebut, Asmawa Tosepu juga mengajak kepada seluruh warga Muhammadiyah, khususnya di Kabupaten Bogor untuk turut menyukseskan pesta demokrasi pada tanggal 14 Februari 2024.

“Mari sama-sama menjaga kondusifitas wilayah, gunakan hak konstitusi kita dengan memberikan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS), memilih pemimpin bangsa untuk lima tahun kedepan,” ujar Pj. Bupati Bogor, Asmawa Tosepu.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia, Muhadjir Effendy menyampaikan terima kasih pada Pj. Bupati Bogor akan memberikan dukungan dan bantuan untuk pembangunan kampus UMBARA.

“Saya pesan kepada seluruh warga Muhammadiyah, mohon program-program dan kebijakan dari Pj. Bupati Bogor didukung sepenuhnya,” ujar Muhadjir.

Ia menambahkan, semoga pembangunan ini berjalan dengan lancar, dan nantinya berkembang menjadi kampus yang disegani, kampus yang memiliki andil besar untuk pembangunan Indonesia, khususnya untuk Kabupaten Bogor.

Baca Juga  Polres Kendal Keluarkan Rilis Data Penanganan Kejahatan Sepanjang Tahun 2023

Selanjutnya, Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Bogor, Ahmad Yani menuturkan, hari ini kita melaksanakan ground breaking pembangunan kampus UMBARA. Apa yang kita lakukan hari ini bertujuan untuk membangun masyarakat dalam bidang pendidikan, yang juga bersinergi dengan program Pemkab Bogor.

“Mudah-mudahan kehadiran Universitas Muhammadiyah Bogor Raya dapat bermanfaat bagi masyarakat, khususnya di Kabupaten Bogor, membantu program pemerintah dalam mencetak SDM yang berkualitas,” tutur Ahmad Yani.

Hadir pada acara tersebut, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia, Muhadjir Effendy, Sekjen Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Barat, Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Bogor, dan Rektor UMBARA. Mendampingi Pj. Bupati, Sekretaris Daerah (Sekda), Camat Leuwiliang, dan jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor.

Visited 143 times, 1 visit(s) today