Penulis : Redaksi

KENDARI, MITRANUSANTARA.id – Hasil survei Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA, pada bulan Maret 2024, elektabilitas Bakal calon Gubernur Sulawesi Tenggara, Andi Sumangerukka (ASR) masih jadi yang tertinggi di Sulawesi Tenggara.

Survei yang dirilis, Senin (30/4/2024) itu menyebutkan, dari 14 calon gubernur yang disurvei, ASR berada di urutan pertama dengan tingkat elektabilitas sebesar 15,4 persen.

“Elektabilitas calon gubernur tidak bedah jauh dari survei sebelumnya, ASR masih tertinggi,” ujar peneliti senior LSI Denny JA, Ikrama Masloman saat rilis survei di Kota Kendari, Selasa (30/4/2024).

Ikrama menyebut untuk posisi kedua ditempati oleh Ridwan Bae dengan elektabilitas 11,2 persen, disusul Kerry Saiful Konggoasa (KSK) 11 persen, La Ode Ida 10,7 persen, Lukman Abunawas 10,6 persen, Rusda Mahmud 6,4 persen.

Posisi selanjutnya, Tina Nur Alam 6 persen, Samsu Umar Samiun 4,4 persen,  Surunuddin Dangga 3,9 persen, Rusman Emba 3,2 persen, Abdurrahman Saleh 2,5 persen, Ruksamin 2,4 persen, WA Ode Nurhayati 1,3 persen, La Ode Umar Bonte 0,4 persen.

Baca Juga  Bantuan Bedah Rumah di Poasia Segera Digelontorkan

Survei kedua lembaga survei Denny JA ini menemukan bahwa, Ridwan Bae berhasil menyalip KSK, dimana survei sebelumnya mantan Bupati Konawe dua periode itu berada di posisi kedua.

“Yang berbeda posisi kedua, diraih Ridwan Bae, yang menggeser KSK. Dan hasil survei ini 10,5 persen responden belum memutuskan pilihan,” lanjut Ikrama.

Survei LSI Denny JA ini, melakukan pemotretan atau pengambilan sampel sejak 20-26 Maret 2024, dengan jumlah responden sebanyak 800, tersebar di seluruh kabupaten/kota di Sulawesi Tenggara.

Adapun metode survei yang digunakan LSI Denny JA, yaitu multistage random sampling, dengan teknik wawancara tatap muka (face to face interview) menggunakan kuesioner. Tingkat kepercayaan atau margin eror survei ini 3,5 persen.

Selain survei, LSI Denny JA juga menggunakan riset kualitatif (analisis media dan indepht interview) untuk memperkuat temuan dan analisis.

Penulis: Zayyan

Visited 115 times, 1 visit(s) today