Penulis : Redaksi

KENDARI, MITRANUSANTARA.id – Sebanyak 33 calon peserta Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sulawesi Tenggara (Sultra) antusias mengikuti pembekalan atau pra UKW yang diselenggarakan secara daring (Zoom Meeting) oleh PWI Pusat pada hari Kamis (16/5/2024).

Pelaksanaan Pra UKW ini, merupakan tindaklanjut program PWI Pusat melaksanakan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) di seluruh wilayah Indonesia pada 38 PWI Provinsi dan satu daerah khusus PWI Surakarta. Untuk itu, sebelum pelaksanaan UKW yang telah terjadwal, PWI Pusat melaksanakan Pra UKW. Dimana, pelaksanaan Pra UKW ini pempedomani Peraturan Dewan Pers Nomor 3/11/2023 tentang Standar Kompetensi Wartawan (SKW).

Dalam kegiatan ini, para peserta mendapatkan materi tentang Kode Etik Jurnalistik, Hukum Pers, Penulisan Berita, dan Fotografi Jurnalistik, serta disampaikan oleh narasumber yang kompeten di bidangnya, yaitu, praktisi jurnalistik senior, dan anggota Dewan Pers.

Ketua PWI Sultra, Sarjono  mengapresiasi semangat calon peserta mengikuti pembekalan dari narasumber, yakni Direktur UKW DR Firdaus Komar dan Penguji Uyun Ahdiat.

Baca Juga  Pj Wali Kota Kendari Minta RT/RW Aktifkan Siskamling

Sarjono menuturkan, Pelatihan jurnalistik/Pra UKW bertujuan meningkatkan kualitas peserta UKW dalam memahami dan menerapkan untuk mengembangkan pers profesional yang berkualitas.

“Pers yang didukung insan wartawan yang memiliki kompetensi jurnalistik terukur, wartawan yang terampil dalam teknis jurnalistik, taat pada Kode Etik Jurnalistik dan berpengetahuan atau berwawasan luas,” katanya.

Dia bilang UKW merupakan tolok ukur profesionalitas wartawan dalam menjalankan tugasnya.

“UKW bukan hanya seremonial, tapi tolok ukur profesionalitas wartawan. Wartawan yang kompeten adalah wartawan yang menguasai kode etik dan hukum pers, serta mampu menulis berita yang akurat dan berimbang,” ungkap Sarjono.

Sarjono mengaku, wartawan dalam menjalankan fungsi pers secara optimal yaitu, mencerahkan dan mencerdaskan masyarakat dan sekaligus melakukan kontrol sosial yang efektif ke semua pilar demokrasi Pers juga berperan sebagai alat chek and balance dalam sistem demokrasi.

Sementara itu Darmono, salah satu peserta yang mengikuti pelaksanaan Pra UKW di sekretariat PWI Sultra, menyambut baik pembekalan   persiapan menghadapi UKW mendatang pada 27-29 Mei 2024 di Kendari.

Baca Juga  22 Wartawan di Sulawesi Tenggara Dinyatakan Kompeten

“Saya serius mengikuti pra UKW, karena materi yang disampaikan sangat bermanfaat untuk menambah wawasan tentang jurnalistik. Olehnya, dengan mengikuti pra UKW ini dapat lebih siap dalam menghadapi uji kompetensi dan menjadi wartawan yang profesional,” ujar Darmono.

Dengan memiliki wartawan yang kompeten, diharapkan pemberitaan di media massa akan semakin berkualitas dan berimbang.

Penulis: Zayyan

Visited 15 times, 1 visit(s) today