Penulis : Redaksi

KENDARI, MITRANUSANTARA.id – Karya Bakti Pemerintah Kota Kendari hari Selasa (9/1/2023) berlanjut disejumlah titik, salah satunya kali Korumba yang berada di depan kantor Kelurahan Korumba Jalan Tebaununggu.

Di kali Korumba ini, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) menurunkan alat beratnya untuk mengeruk sedimen yang cukup tebal serta beberapa truk untuk mengangkut material hasil kerukan.

Pj Wali Kota Kendari Muhammad Yusup di dampingi Sekretaris Daerah Ridwansyah Taridala memantau proses pengerukan sedimen yang cukup dalam. Kemudian rombongan Pj Wali Kota Kendari juga memantau pengerukan sampah dan pembongkaran plat beton di perempatan jalan Syekh Yusuf dengan jalan Saranani yang dikerjakan oleh DLHK dan pengerukan sedimen di depan hotel venus jalan Malik Raya.

Sekretaris Daerah Kota Kendari Ridwansyah Taridala menjelaskan, sesuai arahan Pj Wali Kota Kendari, fokus karya bakti di sejumlah titik yang dipenuhi sedimen, salah satunya di depan kantor Kelurahan Korumba.

“Kita melakukan penggalian di sini (kali Korumba) karena ternyata banjir selama ini disebabkan oleh sedimentasi yang cukup serius, tadi teman-teman PU sudah menurunkan alat, kedalam sedimen sekitar 1,5 meter bahkan lebih, itu lumpur semua. Kita akan gali dari ujung ke ujung,” ungkapnya usai memantau kerja alat berat didampingi Kadis PUPR.

Baca Juga  Penertiban Kawasan Eks MTQ Sesuai Kewenangan Pemkot Kendari

Sekda mengimbau pedagang yang beraktivitas di sekitar kali Korumba agar tidak membuang air limbah ke kali Korumba, jika masih tetap dilakukan maka pemkot akan memberikan tindakan tegas.

Aksi bersih-bersih hari Selasa juga dilakukan seluruh OPD di sejumlah titik yang telah ditentukan. Beberapa OPD masih fokus mengeruk sedimen dan mengangkut sampah dari drainase di titik mereka.

Seperti Bappeda Kota Kendari yang membersihkan sampah di kali Mandonga di jalan Saranani. Dinas Kominfo, Dinas Perhubungan dan sejumlah OPD juga membersihkan sisi kiri dan kanan jalan Saranani.

Visited 56 times, 1 visit(s) today