Penulis : Redaksi

KENDARI, MITRANUSANTARA.id – Bunda Literasi Kota Kendari, Ira Willis Kesumadoty Yusup menggelar literasi pertanian (teras tani) berupa pelatihan budidaya dan pengelolahan tanaman pakcoy yang di selenggarakan di Kelurahan Padaleu, Kamis (22/2/2024).

Selain memberikan pelatihan, Bunda Literasi di dampingi TP PKK Kelurahan Padaleu juga melakukan panen sayur-sayuran seperti pakcoy, bayam putih, timun dan kacang panjang, namun sebelum melakukan panen sayur Bunda Literasi mencoba minuman hasil olahan sayur pakcoy.

Panen pakcoy dilakukan dengan cara memetik pangkal daunnya menggunakan gunting atau dicabut langsung dengan akarnya dari dalam tanah. Pemanenan dilakukan dengan hati-hati agar tidak merusak bagian pangkal dan daun. Kerusakan hasil panen menurunkan nilai ekonomis sayuran dan membuat komoditas sayuran mudah membusuk.

Usai panen, Bunda Literasi Kota Kendari menyampaikan harapannya untuk masyarakat Kota Kendari senantiasa memanfaatkan lahan kosongnya untuk menanam.

“Semoga masyarakat Kota Kendari banyak yang memanfaatkan lahan-lahan kosongnya untuk ditanami sayur seperti ini, yang nantinya juga bermanfaat untuk kebutuhan sehari-hari tanpa memakai pestisida, tapi menggunakan organik sehingga aman bagi kesehatan untuk dikonsumsi keluarga kita sendiri,” harapnya.

Baca Juga  Dihadapan Ribuan Massa, ASR Ingatkan Pilih PPP

Diakhir kegiatan, Bunda Literasi Kota Kendari melalukan foto bersama dengan camat dan lurah setempat, juga TP PKK Keluarahan Padaleu.

Visited 40 times, 1 visit(s) today