Penulis : Redaksi

KENDARI, MITRANUSANTARA. id – Untuk memelihara, mengembangkan dan meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan pengamalan Al-Qur’an serta menjadikan Al-Qur’an sebagai spirit pembangunan nasional, Pemerintah Kota Kendari bersama Kementerian Agama (Kemenag) Kota Kendari melaksanakan Musabaqah Tilawatil Qur’an ke-30 tahun 2024 tingkat Kota Kendari, Selasa (27/2/2024).

Kegiatan ini diawali dengan devile oleh 11 kecamatan se Kota Kendari dengan total peserta devile sebanyak 2200 orang. Peserta devile ini dilepas oleh Penjabat Wali Kota Kendari Muhammad Yusup di Balai Kota Kendari dan finish di pelataran Ex-MTQ Kendari.

Selanjutnya, pembukaan MTQ ke 30 ini ditandai dengan penyematan jubah kepada ketua dewan hakim MTQ ke 30 dan penyerahan piala bergilir MTQ ke-29 dan Piala bergilir devile kepada Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an Kota Kendari.

Mewakili Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari, Asisten III Pemerintah Kota Kendari Makmur berharap pada lomba MTQ tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara nantinya, Kota Kendari dapat meraih juara umum serta menjadi perwakilan Sultra dalam ajang MTQ tingkat Nasional di Kalimantan.

Baca Juga  Masa Tenang, Bawaslu Ajak Masyarakat Laporkan Politik Uang

“Saya berharap peserta dapat bersaing secara sehat, selain itu saya juga berharap agar setiap peserta terus berupaya mengembangkan diri dari satu ke lomba-lomba lainnya. Hal ini juga memberikan harapan bahwa Kota Kendari tidak akan kekurangan Qori Qoriah, Musafir Musafirah Hafidz Hafidzah. Sebab di setiap Kecamatan akan lahir generasi baru yang akan terus mengharumkan nama Kota Kendari baik di kancah nasional maupun kancah regional,” harap Asisten III.

Terakhir, Asisten III berpesan agar pelaksanaan MTQ tidak hanya dimaknai sebagai sebuah lomba membaca, menghafal atau mengkaji isi Al-Qur’an tetapi, MTQ adalah sebuah siar untuk memperkuat keberadaan dan ajaran yang ada di dalam Al-Qur’an untuk diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Sementara itu, Panitia pelaksana MTQ ke-30 tahun 2024, sekaligus Kepala Kemenag Agama Kota Kendari, Muhammad Lalan Jaya melaporkan, peserta MTQ ke-30 tahun ini berjumlah 250 orang dari 11 kecamatan se Kota Kendari.

Sementara untuk cabang atau golongan yang di Musabaqahkan yaitu cabang seni baca Alquran, cabang hafalan Alquran,  cabang tafsir Alquran,  golongan fahmil Alquran, cabang seni kaligrafi Alquran dan cabang karya tulis ilmiah Alquran.

Visited 30 times, 1 visit(s) today