Penulis : Redaksi

KENDARI, MITRANUSANTARA.id — Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Tenggara, Asrun Lio, bersama Penjabat Wali Kota Kendari, Muhammad Yusup, resmi meluncurkan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara dan Kota Kendari di Sekolah Dasar Negeri 84 Kendari, Selasa (23/7/2024).

Dalam sambutannya, Asrun Lio mengungkapkan bahwa Indonesia telah menerima sertifikat bebas polio dari WHO pada Maret 2014.

“Seluruh dunia berkomitmen untuk membasmi penyakit polio. InsyaAllah, tahun 2026 dunia bebas dari polio,” ujarnya.

Asrun menambahkan bahwa pencanangan sub PIN Polio tahap kedua ini dilakukan serentak di 27 provinsi, setelah tahap pertama dilaksanakan di enam provinsi di Papua.

“Ini menandai kesiapan Provinsi Sulawesi Tenggara dalam melaksanakan dan menyukseskan sub PIN Polio tahap kedua,” tambahnya.

Pj. Wali Kota Kendari, Muhammad Yusup, mengungkapkan bahwa Pemkot Kendari telah melakukan berbagai upaya untuk menyukseskan PIN Polio di kota tersebut.

“Kami telah membuat surat edaran Wali Kota dan melakukan sosialisasi kepada camat, lurah, ketua TP PKK, kepala puskesmas, dan kepala sekolah PAUD, TK, serta SD se-Kota Kendari,” jelasnya.

Baca Juga  Pemkot Kendari Kembali Kampanyekan Pangan Lokal Batasi Konsumsi Beras

Yusup juga menyatakan bahwa Pemkot Kendari telah membuka pos pelayanan imunisasi yang terdekat dengan masyarakat untuk memudahkan akses.

“Kami menargetkan 53.809 anak, dengan sasaran tertinggi di Kecamatan Poasia sebanyak 6.416 anak dan terendah di Kecamatan Nambo sebanyak 1.322 anak,” ujarnya.

Untuk mencapai target tersebut, Pemkot Kendari telah membentuk 134 tim pelaksana PIN Polio dan membuka 522 pos pelayanan, tersebar di 342 sekolah, 165 posyandu, dan 15 puskesmas.

“Ini merupakan langkah strategis untuk memaksimalkan capaian PIN Polio di Kota Kendari,” tambah Yusup.

Polio adalah penyakit saraf yang dapat menyebabkan kelumpuhan permanen. Penyakit ini disebabkan oleh virus yang sangat menular, namun dapat dicegah dengan imunisasi polio.

Pelaksanaan PIN Polio putaran pertama akan berlangsung pada 23-29 Juli, dilanjutkan dengan sweeping pada 30 Juli – 3 Agustus. Putaran kedua akan dilakukan pada 6-12 Agustus, dilanjutkan dengan sweeping pada 13-17 Agustus.

Penulis: Zayyan




Visited 62 times, 1 visit(s) today