Penulis : Redaksi

KENDARI, MITRANUSANTARA.ID – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Kendari menggelar Forum Konsultasi Publik (FKP) dengan fokus pada peningkatan pelayanan di Instalasi Gawat Darurat (IGD). Kegiatan yang berlangsung di Ruang Anturium RSUD Kota Kendari, Kamis (13/11/2025),

Forum ini menjadi wadah dialog terbuka antara pihak rumah sakit dengan para pemangku kepentingan. Wakil Direktur SDM RSUD Kota Kendari, dr. Fauziah, menegaskan pentingnya sinergi antara tenaga kesehatan, pemerintah, dan masyarakat dalam mewujudkan pelayanan kesehatan yang semakin baik.

“Kami ingin membuka ruang komunikasi dua arah dan mendengar langsung masukan maupun kritik dari masyarakat. Pelayanan kesehatan yang berkualitas tidak akan bisa berjalan hanya dari satu sisi. Dibutuhkan kerja sama dan saling memahami agar rumah sakit ini terus berkembang,” ujarnya.

Menurut dr. Fauziah, forum ini diharapkan tidak hanya berhenti pada sesi diskusi, tetapi menghasilkan langkah nyata dalam peningkatan mutu pelayanan, terutama di aspek kecepatan penanganan pasien, keselamatan, kenyamanan ruang, serta komunikasi yang lebih humanis antara petugas dan pasien.

Baca Juga  Siska Sudirman Mulai Pemeriksaan Kesehatan, RSUD Kendari Siapkan Tim Dokter

Sementara itu, Ketua Panitia, Wakil Direktur Umum dan Keuangan RSUD Kota Kendari, dr. Erny, menjelaskan bahwa forum ini merupakan bagian dari komitmen rumah sakit untuk menerapkan tata kelola yang transparan, akuntabel, dan berorientasi pada kebutuhan masyarakat.

“Kegiatan ini bertujuan mengidentifikasi harapan dan kebutuhan masyarakat terhadap pelayanan rumah sakit, sekaligus menyusun rencana tindak lanjut sebagai bahan perbaikan mutu dan akreditasi RSUD Kota Kendari,” ungkapnya.

Ia menambahkan, keterlibatan berbagai unsur dalam forum ini mencerminkan semangat kolaboratif untuk memperkuat kualitas layanan publik.

“Terima kasih kepada semua pihak yang hadir dan memberi masukan. Ini menjadi energi positif bagi kami untuk terus berbenah,” tutup dr. Erny.

Kegiatan yang diikuti 59 peserta dari unsur pemerintah daerah, organisasi profesi, akademisi, media massa, Ombudsman, hingga perwakilan masyarakat ini, RSUD Kota Kendari berharap dapat memperkuat komitmen bersama menuju pelayanan yang profesional, responsif, dan berpihak pada keselamatan pasien, sejalan dengan visi menjadikan RSUD sebagai rumah sakit rujukan yang humanis dan terpercaya di Kota Kendari.

Baca Juga  RSUD Kota Kendari Dikembangkan Jadi RS Modern, Wali Kota Lobi Menkes

Penulis: Sumarlin

Visited 26 times, 26 visit(s) today
WhatsApp Follow WhatsApp Channel MITRANUSANTARA.ID untuk update berita terbaru setiap hari Follow