Penulis : Redaksi

KENDARI, MITRANUSANTARA.id – Siska Karina Imran (SKI) telah memantapkan dirinya untuk berpartisipasi dalam Pemilihan Wali Kota (Pilwalkot) Kendari yang akan digelar pada November 2024 mendatang. Mengusung tagline “Mari Bersama Membangun Kendari, APBD untuk Rakyat”, SKI telah menyiapkan berbagai program unggulan yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kota Kendari. Salah satu program utama yang diusungnya adalah alokasi dana Rp100 juta per rukun tetangga (RT).

Politisi Partai NasDem kelahiran 22 Desember 1988, SKI menyadari pentingnya pemberdayaan di tingkat masyarakat paling bawah. Dengan adanya 1.056 RT di Kota Kendari, SKI berkomitmen untuk memberikan dana Rp100 juta setiap tahunnya kepada masing-masing RT jika dirinya terpilih sebagai Wali Kota.

“Kita ingin RT di Kendari ini bisa mandiri,” ujar SKI pada Senin (3/6/2024).

Penggunaan dana tersebut nantinya akan melibatkan seluruh masyarakat melalui musyawarah di setiap RT. Ide dan gagasan yang muncul dari warga akan diprioritaskan sesuai dengan kebutuhan dan manfaat yang dapat dirasakan langsung oleh masyarakat.

Baca Juga  Disperindag: Peningkatan Kualitas IKM Pilar Pertumbuhan Bisnis Lokal di Sulawesi Tenggara

Program-program yang bisa didanai dengan anggaran tersebut antara lain pembangunan jalan lingkungan, drainase, talut, lampu jalan, sumur bor, sarana olahraga, posyandu, pos kamling, bedah rumah, normalisasi sungai, serta pengadaan tenda, kursi, dan sarana ibadah.

Selain infrastruktur fisik, SKI juga menggarisbawahi bahwa dana tersebut bisa digunakan untuk kegiatan sosial lainnya, termasuk pemberdayaan UMKM. Hal ini diharapkan dapat menciptakan RT yang lebih mandiri dan berdaya saing, serta meningkatkan kualitas hidup masyarakat setempat.

Sebagai mantan Wakil Wali Kota Kendari, SKI memiliki pengalaman dan wawasan yang luas mengenai kebutuhan dan permasalahan yang dihadapi masyarakat. Ia mengaku bahwa program Rp100 juta per RT ini adalah salah satu program unggulannya yang akan diimplementasikan jika ia terpilih memimpin Kota Kendari periode 2024-2029.

Selain program dana per RT, SKI yang merupakan alumni Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin (UNHAS) Makassar, juga telah menyiapkan berbagai program unggulan lainnya di berbagai bidang. Program-program ini mencakup keagamaan, kesehatan, pendidikan, sosial budaya, dan kesejahteraan masyarakat. Dengan program-program ini, SKI berharap dapat menciptakan Kota Kendari yang lebih maju dan sejahtera.

Baca Juga  Soal Mahar Politik, ASR: PPP Tanpa Mahar

Sebagai Ketua Ika Unhas Kota Kendari, SKI mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersinergi dan mendukung program-program yang diusungnya.

“Bismillah, mari bersama membangun Kota Kendari mulai di tingkat RT. Kita gunakan APBD semata-mata demi kepentingan rakyat,” pungkasnya dengan penuh semangat.

Dengan tekad dan program-program yang telah dipersiapkan, SKI berharap dapat meraih dukungan luas dari masyarakat Kota Kendari dan mewujudkan visi dan misinya untuk membangun kota yang lebih baik dan mandiri.

Penulis: Zayyan


Visited 274 times, 3 visit(s) today