Penulis : Redaksi

BAUBAU, MITRANUSANTARA.id -Paska ditetapkan masa kampanye pemilu pada 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) melalui Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 15 Tahun 2023, para Calon Anggota DPRD Kota Baubau mulai unjuk gigi. Satu diantaranya, Eka Nurvisanti Suparto. Seorang akademisi yang maju sebagai calon anggota legislatif (caleg) DPRD Kota Baubau dari Partai Kebangkitan Nusantara (PKN).

Eka Nurvisanti Suparto yang akrab disapa Eka, berkontestasi di Daerah Pemilihan (Dapil) 3 Kota Baubau yang meliputi Wilayah Kecamatan Wolio. Dengan mendapatkan nomor urut 6 pada partai PKN, dirinya mengaku terjun ke dunia politik karena terinspirasi dengan sosok Ketua Pimda PKN Sultra yang juga mantan Bupati Buton dua periode, Umar Samiun (US).

Eka bilang, Partai Kebangkitan Nusantara (PKN) adalah sebuah partai politik di Indonesia yang dideklarasikan pada tanggal 28 Oktober 2021 dan Ideologi partai berlandaskan pada filosofi nasional resmi Indonesia, Pancasila.

Dimata Eka, Umar Samiun adalah sosok inspiratif dan salah satu pemimpin yang tulus memperjuangkan kepentingan daerah khususnya perjuangan pemekaran Provinsi Kepulauan Buton.

Baca Juga  Ketua TPD Ganjar-Mahfud Sultra Minta Partai Koalisi Perkuat Saksi di TPS

“Beliau, selalu ada di hati masyarakat sejak menjadi Ketua DPRD Buton, Bupati Buton dua periode hingga menjadi Ketua Pimda PKN Provinsi Sulawesi Tenggara, bahkan US adalah tokoh sentral pemekaran Provinsi Kepulauan Buton yang tulus mengabdi dan peduli dengan aspirasi seluruh masyarakat Kepton,” ungkap Eka.

Karena terinspirasi dengan Umar Samiun itulah yang mendorong Eka Nurvisanti Suparto (ENS) bergabung dengan Partai Kebangkitan Nusantara (PKN) dan maju mencalonkan diri sebagai calon legislatif DPRD Kota Baubau.

“Sepenggal pengabdian kami sebagai kader beliau (bang US) semoga bisa membantu perjuangan percepatan pemekaran Provinsi Kepulauan Buton” tutup Eka dalam release nya.

Eka Nurvisanti Suparto yang juga adik kandung La Ode Mutanafas ini, merupakan putri asli Buton yang lahir di Ambon, Maluku 19 Januari 1989. Eka, mengenyam pendidikan di SD N 2 Kaobula, kemudian melanjutkan sekolah di SMP N 4 Baubau dan berlanjut ke SMA N 1 Baubau.

Setelah lulus sekolah tahun 2008, Eka kemudian melanjutkan pendidikan dan kuliah di Universitas Muhamadiyah Buton. Disana, setelah lulus tahun 2018 kemudian mengabdi magang sebagai tenaga pengajar (asisten dosen) sampai saat ini.

Baca Juga  Pj Wali Kota Kendari Serahkan LKPJ Tahun 2023 pada DPRD

Untuk diketahui, jumlah kursi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bau Bau, Sulawesi Tenggara tersedia 25 kursi, pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mendatang. Sementara Dapil 3 Kota Bau Bau yang meliputi Kecamatan Wolio, tersedia 7 kursi dan akan diperebutkan oleh 93 caleg dari 17 Partai.

Visited 1 times, 1 visit(s) today